Rekomendasi Madu Anak Pintar Murah yang Cocok untuk Anak

madu-anak-pintar-murah

Madu anak pintar murah saat ini memang mudah untuk ditemukan. Banyak toko online dan toko offline yang menjual dengan berbagai klaim dan harga berbeda-beda. Madu memang menjadi salah satu obat herbal yang banyak memiliki manfaat ketika dikonsumsi. Seperti bisa menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem imunitas tubuh, meredakan batuk dan pilek, menyembuhkan luka, dan masih banyak lainnya. Bayangkan jika manfaat-manfaat ini juga bisa dimiliki oleh anak-anak. Pastinya orang tua akan merasa senang karena si kecil tumbuh sehat. Salah satu manfaat madu yang bisa didapatkan oleh anak-anak ketika dikonsumsi sejak kecil adalah bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Mengonsumsi madu minimal 20 gram setiap hari bisa memicu regenerasi sel-sel dalam otak. Serta bisa menstimulasi produksi hormon yang bertanggung jawab akan daya ingat dan kecerdasan anak.

Manfaat Lain dari Madu Anak Pintar Murah

Anak-anak yang mengonsumsi madu tidak hanya akan membuat mereka pintar saja. Tetapi juga bisa mendapatkan manfaat lain. Berikut ini ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari madu anak pintar murah.

  1. Sumber Vitamin

Hampir keseluruhan komponen vitamin terdapat di dalam madu. Seperti vitamin B1, B2, B3, D, K, dan E. Semua vitamin tersebut dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Madu memiliki kelebihan mudah terserap ke dalam tubuh hanya sekitar satu jam setelah dikonsumsi. Hal inilah yang membuat tubuh tetap bugar dan tetap kenyang setelah mengonsumsi madu dibandingkan makanan lain.

  1. Mendukung Pertumbuhan

Seperti yang diketahui bahwa anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan. Untuk itulah mereka membutuhkan nutrisi yang bisa membantu pertumbuhan mereka. Sebagai orang tua pastinya mereka mencari berbagai suplemen atau multivitamin untuk membantu pertumbuhan anak. Salah satu multivitamin yang bisa diberikan kepada anak adalah madu. Secara teratur bisa memberikan madu kepada anak antara satu – dua sendok untuk menunjang pertumbuhan anak semakin baik.

  1. Sumber Energi

Di usianya, anak-anak memang sangat aktif untuk bermain dan berlarian. Nah, Bunda bisa memberikan madu anak pintar murah untuk meningkatkan energi supaya tercukupi. Madu mengandung fruktosa yang merupakan sumber energi yang bisa bertahan lama. Dengan mengonsumsi madu, maka anak-anak akan aktif untuk beraktivitas sepanjang hari.

  1. Membantu Sistem Pencernaan

Sering kali anak-anak mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Dengan mengonsumsi madu, maka sistem pencernaan anak-anak akan membaik. Ini dikarenakan madu memiliki kandungan bakteri baik, seperti laktobasilus dan bifidobacterial. Yang mana bisa membantu melawan bakteri jahat di dalam usus. Dimana bakteri baik ini akan menetralkan dan membersihkan sistem pencernaan supaya sistem metabolisme tubuh tidak terganggu. Jangan ragu untuk memberikan madu kepada si kecil setiap hari.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Selain itu, madu juga bisa membantu meningkatkan sistem imun anak. Ini dikarenakan madu memiliki kandungan vitamin C, kalium, dan mineral lain sebagai sumber antioksidan alami. Yang mana ketiganya bisa menjaga kekebalan sistem imun anak dengan mengurangi aktivitas sel tidak sehat dalam tubuh. Juga madu bisa mencegah infeksi karena bakteri, jamur atau virus.

Aturan Konsumsi Madu Anak Pintar Murah

Memberikan madu pada anak pun tidak bisa asal memberi. Dalam hal pemberian madu ini tentunya harus disesuaikan dengan umur anak itu sendiri. Ini dikarenakan kebutuhan dan kemampuan metabolisme setiap anak berbeda. Memberikan madu dengan aturan tepat tentu akan memberikan manfaat baik. Lain hal jika asal memberikan, pastinya bisa menyebabkan gangguan kesehatan anak. Nah berikut ini ada beberapa aturan ketika memberikan madu kepada anak-anak.

  • Tidak Memberikan Pada Anak Usia 1 Tahun

Harus diketahui dengan baik terlebih dahulu bahwa memberikan madu pada anak yang usia anak kurang dari satu tahun bisa meningkatkan risiko penyakit botulisme. Penyakit ini karena toksin dan spora yang dibuat bakteri Clostridium botulinum. Yang mana biasa ditemukan pada madu, dan makanan lainnya. Sistem usus anak dibawah usia 1 tahun sendiri pun belum bisa berkembang sempurna. Jadi belum bisa mengatasi spora bakteri akibat mengonsumsi madu. Toksin botulinum ini bisa membuat sistem otot dan saraf pada bayi lemah. Bahkan di beberapa kasus bisa menyebabkan kematian. Lain hal jika memberikan madu kepada anak usia diatas 2 tahun. Dimana sistem pencernaan sudah terbentuk dengan baik.

  • Membatasi Konsumsi Harian

Kemudian orang tua juga harus bisa membatasi konsumsi madu harian pada anak. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Satu sendok madu memiliki sekitar 64 kalori dan 17gram gula. Usahakan supaya bisa menjaga asupan harian gula tambahan dibawah 100 kalori per hari untuk wanita dan 150 kalori untuk pria.

  • Memperhatikan Waktu Pemberiannya

Ada waktu terbaik ketika ingin memberikan madu pada anak. Yakni ketika perut si kecil sedang kosong pada pagi hari. Apabila dikonsumsi di waktu yang tepat, maka madu bisa berinteraksi dengan enzim dalam perut secara maksimal. Selain itu, madu pun bisa menunjang aktivitas tubuh dan otak si kecil selama seharian beraktivitas.

  • Jangan Menggunakan Sendok yang Sudah Terkena Mulut

Ketika memberikan madu kepada anak, sebaiknya gunakan sendok baru. Jangan menggunakan sendok yang sudah terkena mulut. Sebab hal ini bisa merusak kandungan yang ada di dalam madu. Bunda bisa menggunakan sendok kayu atau sendok stainless untuk memberikan madu kepada anak.

  • Setelah Dibuka Harus Segera Dihabiskan

Untuk madu yang sudah dibuka sebaiknya segera dihabiskan dalam waktu 1 – 2 bulan. Apabila ingin menyimpan lebih dari 2 bulan, sebaiknya simpan pada suhu kamar atau ruangan. Bukan di kulkas. Setelahnya tutup madu dengan rapat. Jangan sampai ada udara masuk ke dalam madu, karena bisa menyebabkan gas. Simpan madu di dalam wadah kedap udara supaya tidak ada gas yang masuk ke dalamnya.

  • Jangan Disimpan di Dalam Kulkas

Supaya kandungan madu tetap baik, jangan sekali-kali menyimpan ke dalam kulkas. Saat madu disimpan ke dalam kulkas akan membuat bergas dan kadar airnya jadi tinggi. Hal ini akan menyebabkan fermentasi. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika menyimpan madu di dalam suhu kamar atau suhu ruangan.

Pilih Madu Anak Pintar Murah yang Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa madu anak pintar saat ini bisa dengan mudah ditemukan. Namun untuk memilihnya pun bukan asal pilih saja. Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik. Mulai dari kandungan, date expired, manfaat, dan masih banyak lainnya. Untuk Anda yang ingin memberikan madu sebagai suplemen atau multivitamin. Ada satu produk yang cocok untuk Bunda, yakni Honey Squabumin. Madu dengan kandungan propolis, daun pegagan, ikan salmon, ikan gabus, dan temulawak ini memiliki banyak manfaat. Mulai dari membantu meningkatkan nafsu makan anak, mencerdaskan otak anak, meningkatkan sistem imunitas anak. Sampai membantu keterlambatan bicara pada anak. Dari segi harga pun terjangkau, jadi Bunda tidak harus mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar.