Manfaat Madu Untuk Anak yang Perlu Bunda Ketahui

madu-untuk-anak

Bukan hal aneh lagi jika madu banyak dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Madu sendiri merupakan substansi yang dibuat lebah madu dan beberapa serangga lain. Untuk menjaga kesehatan, biasanya madu langsung dikonsumsi sebagai obat. Dalam dunia kuliner, biasanya digunakan untuk menambah cita rasa manis dan lainnya. Kandungan alami yang baik untuk tubuh tersimpan dalam madu ini. Diantaranya adalah mineral, vitamin, kalori, antioksidan, kalsium, magnesium, natrium, zat besi, dan masih banyak kandungan lainnya. Selain dikonsumsi oleh orang dewasa, nyatanya madu untuk anak pun banyak. Jadi bukan hanya orang dewasa saja yang bisa merasakan manfaat dari mengonsumsi madu. Tetapi anak-anak pun juga bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsi madu ini.

10 Manfaat Madu untuk Anak yang Harus Diketahui

Usia aman anak-anak boleh mengonsumsi madu adalah ketika sudah berusia 2.5 tahun. Namun untuk anak diatas satu tahun pun sudah boleh mengonsumsi madu. Namun tetap dengan aturan konsumsi yang tepat ya Bunda. Nah berikut ini beberapa manfaat madu untuk anak yang perlu Bunda ketahui.

  1. Bisa Meningkatkan Energi

Bukan hal asing jika anak-anak banyak yang suka dengan makanan atau minuman manis. Seperti permen, kue, es krim, jus dan makanan atau minuman lainnya. Tetapi sangat disayangkan jika semua makanan dan minuman ini terdapat kadar gula tinggi. Belum lagi ditambah dengan pemanis buatan. Tidak jarang anak-anak menjadi sakit setelah mengonsumsi makanan atau minuman dengan banyak pemanis buatan. Untuk mengatasinya, Bunda bisa mengganti makanan dan minuman manis dengan madu. Ini dikarenakan madu mengandung pemanis alami, jadi bisa aman dikonsumsi oleh anak-anak. Dengan mengonsumsi madu, maka tidak akan mengganggu keseimbangan gula darah dan bisa terhindar dari kemungkinan diabetes tipe 1.

  1. Dapat Melindungi Hati

Bunda harus tahu kalau manfaat dari madu ini sangat luar biasa. Walaupun madu satu sendok teh ke atas roti dan dikonsumsi oleh si kecil. Hal ini akan melindungi hati. Selain itu madu juga mengandung beragam zat yang bisa menetralisir racun. Jadi selain manis dan enak, madu juga mampu melindungi banyak orang dalam, termasuk hati. Dengan begitu si kecil akan tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan lebih berenergi tentunya.

  1. Menjaga Sistem Imun

Seperti yang sudah diketahui bahwa madu mengandung vitamin C, kalium dan berbagai jenis mineral lain. Yang mana baik untuk sumber antioksidan alami. Ketiga kandungan tersebut mampu menjaga kekebalan daya tubuh si kecil. Caranya adalah dengan mengurangi aktivitas sel tidak sehat yang berada dalam tubuh. Selain itu madu juga bisa mencegah infeksi. Entah itu dari bakteri, virus, atau jamur. Untuk mendapatkan khasiat lebih bagus, satu sendok madu bisa dicampurkan dengan lemon pada teh hangat si kecil. Bisa diberikan pada pagi hari sebelum sarapan untuk detoks. Memberikan madu secara rutin bisa membuat si kecil lebih sehat dibandingkan dengan anak lain.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Jika ingin anak bisa mudah dalam belajar dan mengingat, maka bisa menjadikan madu sebagai suplemen alami terbaik. Manfaat dari madu ini mirip dengan manfaat ikan salmon. Dimana madu mengandung antioksidan alami yang bisa meningkatkan fungsi memori otak. Saat fungsi otak meningkat, hal ini akan memengaruhi tingkat kecerdasan anak ketika sudah dewasa nantinya. Selain itu juga madu bisa membantu penyerapan kalsium dari makanan, sehingga membuat otak bisa bekerja lebih optimal. Madu juga bisa membuat anak bisa berpikir kreatif, aktif dan positif.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Anak sering terjatuh dan terluka ketika bermain? Kadang ya bikin was-was. Namun Bunda tidak perlu panik. Bunda bisa memberikan madu untuk si kecil. Salah satu manfaat besar dari madu adalah membantu penyembuhan luka. Dimana madu bisa memperbaiki sel dan jaringan yang rusak saat tubuh terluka. Jika hanya luka ringan dan tipis, maka bisa mengoleskan ke luka supaya lebih efektif proses penyembuhannya. Tetapi jika lukanya cukup serius, madu bisa dicampurkan ke makanan atau minuman untuk si kecil konsumsi. Selain menyembuhkan luka luar, madu juga bisa menyehatkan dan membuat kulit anak jadi halus.

  1. Sebagai Obat Batuk & Pilek Alami

Musim hujan sudah di depan mata, biasanya si kecil akan curi-curi waktu untuk main hujan. Memang menyenangkan, tetapi setelahnya pasti si kecil akan batuk dan pilek. Nah saat-saat inilah Bunda bisa memberikan madu untuk membantu proses penyembuhan si kecil. Mengonsumsi madu dengan lemon dalam segelas teh hangat akan membantu mengeluarkan dahak. Selain itu juga membantu meringankan tenggorokan yang terkena radang. Satu sendok madu juga bisa diberikan pada anak untuk membantu menelan makanan saat tenggorokan sakit.

  1. Membantu Menyehatkan Organ Dalam Anak

Untuk membuat si kecil sehat tentunya tidak perlu memberikan banyak suplemen. Bunda cukup memberikan madu secara rutin, maka organ dalam si kecil akan terjaga. Madu mengandung semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh si keci. Vitamin dan mineral ini pun memiliki peranan penting dalam perkembangan organ tubuh dan otot. Pun madu juga mengandung asam amino yang berguna mempercepat pertumbuhan tulang dan fisik.

  1. Mengobati Mual, Muntah, Diare dan Asma

Manfaat madu untuk anak lainnya adalah sebagai obat diare dan muntah. Diare dan muntah memang menjadi pertanda bahwa tubuh ingin mengeluarkan zat berbahaya dari tubuh. Tetapi jika diare berlangsung lama tentu akan membuat anak kelelahan dan tersiksa. Oleh karena itu Bunda bisa memberikan madu untuk membantu menghentikan diare. Madu juga tidak hanya membantu penyembuhan muntah dan diare. Namun juga bisa membantu meredakan mual dan asma pada anak. Kandungan senyawa alaminya efektif mengurangi keluhan-keluhan tersebut.

  1. Menangkal Alergi

Mungkin anak Bunda memiliki alergi dan bisa kambuh kapan saja. Nah, Bunda bisa meminumkan madu ini kepada si kecil. Madu ini bisa dipakai untuk menangkal histamin (sumber penyebab alergi) yang bisa membuat gatal, bengkak pada wajah dan mata. Menurut beberapa studi, madu juga bisa membantu menyembuhkan alergi musiman karena polen. Bunda bisa memberikan madu ini secara bertahap untuk mengetahui reaksi alergi si kecil.

  1. Sumber Probiotik Alami

Anak Bunda pasti pernah memasukkan sembarang benda atau apapun ke dalam mulut. Juga terkadang menggigit jari dan tangan mereka, tetapi banyakan menggigit mainan mereka. Hal ini tentunya membuat banyak bakteri masuk ke dalam tubuh. Madu memilki manfaat untuk anak melawan bakteri jahat. Seperti Yogurt, madu juga bisa menjadi sumber probiotik alami. Ini dikarenakan enam jenis bakteri lactobacillus alami. Yang mana bakteri ini bisa melawan bakteri jahat dalam saluran pencernaan. Jadi manfaat madu untuk anak bisa membuat usus menjadi lebih sehat. Dengan begitu proses penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal. Memberikan madu dengan air hangat juga bisa membantu mencegah terjadinya kegemukan.