Madu Anak Speech Delay yang Aman Dikonsumsi

madu-anak-speech-delay

Madu anak speech delay – Tiap-tiap anak memiliki kemampuan bertumbuh kembang berbeda-beda. Mulai dari berjalan sampai berbicara. Di usia 6 – 9 bulan menjadi usia dimana anak mulai belajar bicara. Dimana si kecil akan melakukan babbling atau mengulang suku kata sama. Misalnya pa-pa-pa atau ma-ma-ma. Ketika memasuki usia 12 bulan, maka si kecil sudah bisa mengucap papa atau mama dan mengeluarkan satu atau dua kata bermakna. Setelahnya, kosa kata akan semakin bertambah seiring pertumbuhan sampai bisa berbicara.

Tahapan belajar bicara anak adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua. Namun seperti yang sudah diketahui bahwa tahapan bicara setiap anak bisa berbeda-beda. Ketika si kecil menjadi sulit untuk berbicara, bisa jadi anak sedang mengalami gangguan speech delay. Speech delay sendiri merupakan gangguan yang cukup serius karena berpengaruh pada kecerdasan dan perilaku anak di masa depan. Umumnya gangguan ini terjadi pada anak usia 3 – 16 tahun. Gangguan keterlambatan bicara pada anak ini bukan tidak bisa disembuhkan. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak bisa bicara dengan normal. Salah satunya adalah dengan memberikan nutrisi dan asupan yang tepat. Misalnya memberikan madu anak speech delay Honey Squabumin.

Tanda-Tanda Anak Mengalami Speech Delay

Gangguan keterlambatan bicara pada anak ini bukannya tidak bisa diketahui secara dini. Berikut beberapa tanda-tanda anak sedang mengalami gangguan terlambat bicara.

  • Anak tidak mengoceh ketika memasuki usia 15 bulan
  • Tidak berbicara ketika usianya 2 tahun
  • Tidak mampu mengucapkan kalimat pendek saat usia 3 tahun
  • Kesulitan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan
  • Artikulasi atau pengucapan kata anak buruk
  • Kesulitan untuk menyatukan kata dalam sebuah kalimat
  • Meninggalkan kata dari sebuah kalimat

Penyebab Anak Bisa Mengalami Speech Delay

Anak-anak yang mengalami gangguan terlambat bicara ini diakibatkan oleh beberapa kemungkinan. Berikut ini terdapat beberapa penyebab gangguan terlambat bicara pada si kecil.

  1. Adanya Gangguan Pendengaran

Merupakan salah satu penyebab yang mudah ditemukan, tetapi sering dilupakan. Sebagai contohnya anak mengalami infeksi kronis pada telinga. Jika anak tidak bisa mendengar dengan baik, tentu akan sulit bagi si kecil mempelajari kata untuk berbicara. Tentu hal ini akan membuat si anak mengalami keterlambatan bicara.

  1. Gangguan Perkembangan Bicara dan Bahasa

Hal lainnya yang menyebabkan gangguan terlambat bicara adalah mengalami gangguan perkembangan bicara dan bahasa. Di kondisi ini, otak anak bekerja secara berbeda dibandingkan anak lainnya, jadi menimbulkan permasalahan dalam bicara. Pada hal ini, speech delay sering menjadi gejala awal dalam gangguan bicara. Selain itu juga bisa disebabkan oleh prematuritas (kelahiran di usia 20 – 37 minggu dihitung dari hari pertama). Yang mana sering menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak.

  1. Gangguan Struktur pada Area Mulut

Selain itu, gangguan terlambat bicara juga bisa disebabkan dari struktur di area mulut. Contohnya di lidah dan langit-langit mulut atau karena frenulum lidah pendek. Yang mana bisa mengganggu gerakan lidah jadi sulit untuk menghasilkan kata-kata.

  1. Masalah pada Sistem Saraf

Kemudian masalah di sistem sarap pun bisa berpotensi menyebabkan gangguan terlambat bicara karena bisa memengaruhi otot yang diperlukan untuk proses bicara. Contohnya cedera otak (traumatic brain injury), cerebral palsy (lumpuh otak), dan distrofi otot (pengurusan otot karena kekurangan zat gizi).

  1. Autisme

Anak yang memiliki penyakit autisme memang kesulitan dalam masalah komunikasi, jadi bisa menyebabkan speech delay. Kadang, anak bisa memilih tidak bicara di situasi tertentu, umumnya di sekolah. Kondisi ini dinamakan dengan selective mutism.

  1. Anak Tidak Diacuhkan

Faktor lingkungan juga berperan pada permasalahan keterlambatan bicara pada anak. Jika anak tidak diacuhkan atau tidak terurus, maka bisa jadi anak jarang mendengar orang dewasa di sekitarnya berbicara. Hal ini membuat si anak tidak mendapatkan stimulasi belajar bicara sehingga terjadi speech delay.

  1. Lingkungan Bilingual

Ketika anak dibesarkan dalam lingkungan bilingual atau multilingual pun membutuhkan waktu lebih lama untuk menggunakan salah satu bahasa. Atau kedua bahasa tersebut. Ini dikarenakan otak anak akan bekerja keras dalam mengartikan dan menggunakan dua atau lebih bahasa berbeda.

Kandungan Madu Anak Speech Delay yang Harus Ada

Saat ini sudah terdapat banyak madu anak speech delay yang bertebaran di pasaran. Hal ini sedikit banyak membuat para Bunda mengalami kebingungan ketika harus memilih mana yang tepat. Sebab hampir semua madu anak ini memberikan kelebihan yang sama. Yakni dapat membantu anak bisa bicara lancar dalam beberapa waktu. Namun harus diketahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat di dalam madu anak speech delay. Apakah komposisinya tepat atau tidak. Nah berikut ini beberapa kandungan yang sebaiknya dipertimbangkan harus ada di madu anak speech delay.

  1. Ikan Salmon

Pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya ikan salmon bukan? Ikan yang di gadang-gadang sebagai salah satu jenis ikan yang mampu mencerdaskan otak anak. Ini dikarenakan ikan salmon memiliki kandungan omega-3 cukup tinggi, mineral dan vitamin B. Yang mana sangat baik untuk otak, jantung dan mencegah kanker. Omega-3 merupakan salah satu jenis asam lemak yang penting dalam melindungi sel otak dan otot. Tiga bentuk omega 3 adalah DHA, EPA, dan ALA. Seiring dengan usia bertambah, kadar DHA dalam otak akan turun. Jadi sangat penting bagi anak untuk mendapatkan asupan DHA dalam ikan salmon ini.

  1. Daun Pegagan

Awalnya, daun pegagan ini disebut sebagai tanaman liar dan bisa dijumpai di kebun atau pegunungan. Namun setelah penelitian, daun pegagan dimasukkan ke dalam obat herbal yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari daun pegagan adalah mampu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Kandungan senyawa asiatikoksida dalam daun pegagan mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Selain itu daun pegagan juga mengandung zat omega yang dibutuhkan oleh otak. Daun pegagan ini juga memberikan efek positif pada daya rangsang saraf otak, melancarkan peredaran darah otak, meningkatkan fungsi kognitif otak, serta meningkatkan IQ dan kemampuan mental.

  1. Madu

Salah satu kandungan dalam madu anak speech delay yang harus ada adalah madu. Nama produknya saja madu, tentu harus ada kandungan madu. Sejak zaman dulu, madu memang sudah dikenal sebagai salah satu herbal yang berkhasiat. Kandungan vitamin di dalam madu mampu meningkatkan kecerdasan otak anak. Di dalam madu terdapat kandungan lain seperti mineral, bio hormon, dan enzim yang bagus untuk merangsang kerja otak.

  1. Temulawak

Memang benar jika temulawak bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak. Namun hal ini masih erat kaitannya dengan kemampuan anak dalam berpikir. Bayangkan jika anak sulit makan dan tidak mendapatkan asupan yang cukup. Tentunya akan merasa kesulitan untuk belajar bicara. Apalagi jika anak sudah masuk sekolah, tentunya akan kesulitan ketika mendapatkan bimbingan pelajaran. Dengan adanya temulawak, maka anak akan menjadi nafsu makan dan hal ini membuat lebih berenergi dalam kesehariannya.