Kriteria Madu Cerdas Anak yang Tepat untuk Si Kecil

madu-cerdas-anak

Madu cerdas anak – Mendidik anak menjadi orang cerdas dan pintar adalah kewajiban orang tua. Bukan hanya menjadi cerdas saja, namun juga membangun sebuah karakter yang positif dan bisa menghadapi berbagai situasi dalam hidup. Oleh sebab itulah sebagai orang tua haruslah bisa membangun karakter dan kecerdasan anak sedari dini. Mulai dari memberikan fasilitas yang baik sampai tidak terlalu menuntut anak menjadi seperti apa keinginan orang tuanya. Untuk membuat anak menjadi cerdas, maka bisa dibantu sedari kecil dengan membangun beberapa kebiasaan ini.

  • Memberikan Sarapan Sehat

Sarapan pagi adalah hal penting untuk semua orang. Jangan sampai melewatkan sarapan pagi ketika ingin melakukan aktivitas seharian. Untuk anak-anak, Bunda bisa memberikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Dengan sarapan bisa memenuhi 10 – 15% kebutuhan gizi harian anak. Oleh sebab itulah pastikan untuk selalu menyiapkan sarapan bergizi tinggi. Ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan pada anak untuk sarapan. Diantaranya adalah susu, gandum, oat, kacang-kacangan, selai kacang, sayur, buah, dan kuning telur.

  • Mendorong Anak Aktif Dalam Kegiatan

Kemudian Bunda bisa membiasakan pada si kecil supaya aktif dalam melakukan kegiatan. Jangan membiarkan si kecil bermalas-malasan sepanjang hari dengan bermain game di rumah. Bunda bisa mengajak anak untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat, misalnya olahraga atau memasang puzzle. Olahraga tidak hanya bisa membuat anak bergerak aktif, namun juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Dengan begitu otak anak bisa bekerja lebih baik dan membuat jadi cerdas.

  • Mengajak Anak Membaca Bersama

Belajar membaca memang harus diterapkan sedari kecil. Apabila umur anak masih kecil, Bunda bisa membangun minat membaca dengan membacakan buku dongeng sebelum tidur. Seiring bertambah usia anak, nantinya bisa diajak untuk membaca bersama-sama. Cara ini bisa dilakukan untuk membangun ketrampilan membaca anak. Bunda bisa memilihkan beberapa buku yang sekiranya dapat menarik anak dan luangkan waktu tertentu supaya membaca bersama-sama.

  • Memastikan Waktu Tidur Terpenuhi

Selanjutnya Bunda bisa membiasakan anak untuk mendapatkan waktu tidur terpenuhi. Tidur yang cukup akan membuat proses tumbuh kembang otak anak jadi lebih baik. Selain itu juga bisa mengoptimalkan pertumbuhan otot serta jaringan pendukung di tubuh anak. Usia 0 – 3 bulan membutuhkan waktu 15 – 18 ja, untuk tidur. Untuk usia 4 – 11 bulan membutuhkan waktu tidur selama 15 jam. Anak usia 1 – 2 tahun butuh waktu tidur selama 11 – 14 jam. Kemudian anak 3 – 5 tahun butuhkan 11 – 13 jam untuk tidur. Beranjak ke usia 6 – 13 tahun membutuhkan waktu sekitar 9 – 11 jam. Lalu anak usia 13 – 18 tahun membutuhkan waktu 8 – 9 jam untuk tidur.

  • Memberikan Suplemen atau Multivitamin

Selain beberapa cara diatas, Bunda juga bisa memberikan suplemen atau multivitamin untuk menunjang kecerdasan anak. Saat ini sudah banyak suplemen atau multivitamin di pasaran yang di klaim mampu mencerdaskan anak. Namun bukan berarti Bunda bisa mengangkut semua suplemen dan multivitamin tersebut tanpa membuat pertimbangan terlebih dahulu. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika sebelumnya Bunda bisa memilih suplemen atau multivitamin yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Salah satu suplemen atau multivitamin yang cocok untuk anak adalah Honey Squabumin. Madu cerdas anak ini cocok untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, madu anak ini pun juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya. Diantaranya adalah meningkatkan imunitas anak, membantu meningkatkan nafsu makan anak, dan lainnya.

5 Kriteria Madu Cerdas Anak yang Baik

Untuk Bunda yang ingin memberikan suplemen atau multivitamin berupa madu cerdas anak. Tentunya harus mengetahui beberapa kriterianya terlebih dahulu. Ini dimaksudkan supaya Anda benar-benar bisa mendapatkan suplemen atau multivitamin yang benar-benar tepat untuk si kecil.

  1. Kandungan Bahan Madu Alami

Memang benar jika suplemen atau multivitamin madu anak ini termasuk madu campuran. Namun alangkah baiknya jika Anda juga tetap memperhatikan kandungan madu di dalamnya. Madu cerdas anak yang baik tentunya akan memiliki kandungan madu asli meskipun sudah dicampur dengan bahan lainnya. Dengan kandungan madu alami maka manfaat dari madu suplemen atau multivitamin ini tentunya akan semakin bisa dirasakan oleh anak-anak.

  1. Menggunakan Bahan Alami Tambahan

Dilihat dari kandungan lainnya yang terdapat dalam madu cerdas anak pun pastinya hanya menggunakan bahan alami. Artinya hal ini akan membuat suplemen atau multivitamin ini aman dikonsumsi oleh anak dalam jangka waktu lama. Selain itu kandungan bahan alami ini tentunya tidak akan menimbulkan efek samping juga.

  1. Diproduksi Menggunakan Standar CPOB

Juga dari segi produksi yang digunakan pun sudah menggunakan standar CPOB (cara pembuatan obat yang baik). Artinya semua produksi sudah menggunakan mesin yang higienis dan menggunakan sistem mutu industri farmasi. Selain itu dalam prosesnya benar-benar dikerjakan dengan baik dan oleh ahli yang sudah berpengalaman. Jadi bisa menghasilkan produk yang bermutu tinggi, aman dikonsumsi, dan tidak menimbulkan efek samping.

  1. Terdaftar BPOM

Lalu madu cerdas anak yang baik tentunya sudah memiliki nomor registrasi di BPOM pada kemasan. Sebagai orang tua pastinya Anda tidak ingin memberikan nutrisi yang kurang aman bukan? Sekalipun madu dibuat dari bahan alami, namun pastinya melalui tahapan pengolahan terlebih dahulu sebelum dipasarkan. Oleh sebab itulah, pastikan untuk memeriksa label BPOM dan Halal jika ada untuk memastikan proses pengolahan madu tersebut.

  1. Harga Kompetitif

Dari segi harga suplemen atau multivitamin yang ditawarkan pun tentunya bukan harga murahan. Biasanya madu yang benar-benar berkualitas dan sudah dikenal akan memiliki harga sedikit mahal. Mahal disini bukan berarti tidak bisa dibeli oleh kalangan kelas menengah. Namun harganya lebih kompetitif dengan produk suplemen atau multivitamin yang lainnya. Dengan adanya harga yang kompetitif ini tentunya akan membuat Anda menjadi lebih nyaman ketika melakukan pemesanan suplemen atau multivitamin madu ini.

  1. Terdapat Tanggal Kadaluarsa

Hal yang paling penting dari produk madu adalah adanya tanggal kadaluarsa. Setiap produk tentu harus memiliki tanggal kadaluarsa ini. Adanya batas kadaluarsa ini sangat diperlukan supaya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Pun sebenarnya ketika produk madu ini sudah dibuka memang harus segera dihabiskan. Sekurang-kurangnya dalam 2 bulan harus bisa habis diberikan kepada anak.

  1. Adanya Aturan Konsumsi dan Komposisi

Yang tidak kalah penting adalah bahwa produk madu cerdas anak umumnya memiliki aturan konsumsi dan komposisi pada kemasan. Hal ini dimaksudkan supaya pembeli bisa terlebih dahulu membaca komposisi yang terdapat dalam produk tersebut. Untuk madu cerdas anak, kandungan utama yang harus ada adalah madu dan ikan salmon. Selain itu juga ada tambahan temulawak, serta kandungan lainnya. Kemudian dengan adanya aturan konsumsi akan membuat orang tua secara tepat memberikan madu kepada si kecil. Memberikan madu kepada anak memang tidak boleh terlalu berlebihan.